BELAJAR PEMBELAJARAN PISA DI TERNATE

Kali ini saya akan menceritakan kegiatan saya  mengikuti Simulasi Pembelajaran Berdasar Standar PISA selama 3 hari di Muara Mall Ternate. Narasumber kegiatan ini adalah bapak Asep Syarif Hidayat dari UPI dan Bapak Sulis Riyanto, guru senior di SMP Negeri 169 Jakarta. Senang rasanya mengenal mereka dan menimba ilmu dari mereka.

Pusmenjar melaksanakan kegiatan ini dengan materi pelatihan sebagai berikut:

  1. Pengenalan studi dan Framework PISA
  2. Pembahasan hasil simulasi di sekolah.
  3. Pelatihan mengenai tipe soal asesmen standar internasional seperti PISA .
  4. Pelatihan mengenai rencana dan strategi pembelajaran berdasarkan kompetensi
    asesmen standar internasional seperti PISA

Kegiatan Belajar PISA di Ternate

Hari pertama kegiatan kami isi dengan melakukan pembahasan hasil analisis dari hasil capaian simulasi PISA siswa. Kami mencoba mencari tau soal-soal mana yang kebanyakan siswa tidak bisa menjawab. Kami juga mendiagnostik kekeliruan siswa konten Bilangan, Aljabar, Statistika, Geometri. Setelah itu kami berdiskusi mencermati kekeliruan siswa pada tes simulasi.

Hari kedua kami melakukan diskusi untuk membuat Rancangan tindakan/kegiatan pembelajaran untuk menyelesaikan kekeliruan siswa. Pada hari kedua juga kami menyusun masalah yang digunakan sesuai kasus kekeliruan Aktivitas kegiatan inti pembelajaran. Perencanaan kami susun sesuai dengan sajian/runtutan materi terkait aktivitas pada kegiatan inti.

Hari ketiga kami melakukan simulasi pembelajaran. Simulasi ini bertujuan untuk mendeteksi seberapa efektifkah hasil perencanaan pembelajaran yang dilakukan.

Hari terakhir kami isi dengan menyusun Rencana Tindak Lanjut dan melakukan Refleksi pelaksanaan pelatihan dengan mengisi form Evaluasi program. Melalui kegiatan pelatihan guru ini dapat menambah pengetahuan dan kemampuan  sekolah dalam memahami studi PISA dan melakukan simulasi/strategi pembelajaran  berdasarkan kompetensi Asesmen Standar Internasional seperti PISA.

Harapan dalam kegiatan pelatihan ini

  1. Kesamaan pemahaman tentang:
    • Studi PISA dan Framework PISA 2021
    • Aplikasi Simulasi literasi Matematika dan Membaca
    • Diagnosis Kemampuan literasi Matematika dan Membaca siswa
    • Pembelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia yang memfasilitasi literasi Matematika dan Membaca siswa.
  2. Dokumentasi hasil ekplorasi dari masing-masing peserta tetang pelaksanaan diagnostik literasi Matematika dan Membaca siswa.
  3. Dokumentasi untuk penyusunan rencana aksi pembelajaran yang memfasilitasi siswa
    mengembangkan literasi Matematika dan Membaca siswa.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: