Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

Peran dari dari seorang Guru tentunya akan lebih maksimal jika memiliki keterampilan ataupun kompetensi yang sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan. Guru penggerak harus mempunyai 4 kompetensi antara lain :mengembangkan diri dan orang lain, memimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah, serta memimpin pengembangan sekolah.

Peran Guru Penggerak itu sendiri, merupakan sebuah ringkasan dari kompetensi tersebut. Terdapat 5 butir peran dari seorang Guru Penggerak:

  1. Menjadi Pemimpin Pembelajaran
  2. Menggerakkan Komunitas Praktisi
  3. Menjdi Coach bagi guru lain
  4. Mendorong Kolaborasi Antar Guru
  5. Mewujudkan kepemimpinan murid

Nilai itu sendiri, menurut Rokeach (dalam Hari, Abdul H. 2015), merupakan keyakinan sebagai standar yang mengarahkan perbuatan dan standar pengambilan keputusan terhadap objek atau situasi yang sifatnya sangat spesifik. Kehadiran nilai dalam diri seseorang dapat berfungsi sebagai standar bagi seseorang dalam mengambil posisi khusus dalam suatu masalah, sebagai bahan evaluasi dalam membuat keputusan, bahkan hingga berfungsi sebagai motivasi dalam mengarahkan tingkah laku individu dalam kehidupan sehari-hari. Melihat peranan nilai sangat penting dalam kehidupan tingkah laku sehari-hari, maka rasanya penting bagi seorang Guru Penggerak untuk bisa memahami dan menjiwai nilai-nilai dari seorang Guru Penggerak. Kelima nilai dari Guru Penggerak adalah:

  1. Mandiri
  2. Reflektif
  3. Kolaboratif
  4. Inovatif
  5. Berpihak pada Murid.

Dalam tugas demonstrasi kontekstual modul 1.2 ini sebagai seorang CGP saya harus memiliki peran dan nilai guru penggerak untuk bisa melakukan perubahan.

demonstrasi kontekstual 1.2

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: