Mendorong Kreativitas Guru dalam Assesment As, Of, For Learning

Masih cerita tentang kegiatan simulasi pembelajaran berdasarkan standar PISA di Ternate. Setelah acara pembukaan, ibu Rahmawati dari Pusat Assesment dan Pembelajaran (Pusmenjar) menyampaikan materi pertama. Materi berjudul Assesment untuk meningkatkan mutu mendorong kreativitas guru dalam assessment As, Of, For Learning.

Beliau menyampaikan bahwa ada 3 assessment yaitu assessment for learning, assessment As Learning, dan assessment of Learning. Beliau juga menjelaskan ciri-ciri pembelajaran yang baik yaitu:

  1. Pembelajaran tidak hanya terpusat di konten tetapi bagaimana menumbuhkan kompetensibsituasi kondusif dan menumbuhkan karakter siswa.
  2. Student centre Learning and Teaching at the right level.
  3. Mampu memotivasi siswa menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Cara melakukan pembelajaran yang baik adalah dengan melakukan pembelajaran bermakna dan tidak mengejar ketuntasan kurikulum, mendorong kecakapan hidup dan fleksibel pada kondisi masing-masing siswa. yang terakhir adalah memberikan umpan balik pada penilaian, tidak hanya sekedar kuantitatif.

Beliau memberikan tips bagaimana membangun motivasi.  Kunci untuk membangun motivasi antara lain:

  1. Autonomy : memberikan ruang untuk kreatif, enemukan solusi, dan beropini.
  2. Mastery : memberikan keterampilan yang baik.
  3. Purpose : memberikan sesuatu yang bermakna

Banyak sekali pelajaran yang saya ambil dari materi yang disampaikan oleh ibu Rahmawati. Sebelum mengakhiri Materinya, beliau berpesan untuk mempunyai mimpi yang besar (Dream Big), memulai dengan langkah kecil (Small Step), dan memulai dari sekarang (Start Now).

learning for, as, of pusmenjar revolusi industri pusmenjar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: