PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI FUNGSI KUADRAT DENGAN MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA

Menurut Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen disebutkan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini, jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Gurulah yang menjadi ujung tombak pendidikan, sebab guru secara langsung berupaya mempengaruhi, membina dan mengembangkan kemampuan siswa agar menjadi manusia yang cerdas, terampil, dan bermoral tinggi. Guru dituntut untuk memiliki kemampuan yang diperlukan sebagai pendidik dan pengajar. Sebagai pengajar guru dituntut harus menguasai bahan ajar yang diajarkan dan terampil dalam mengajarkannya. Cara mengajar seorang guru akan tercermin dalam proses belajar mengajar.

Dalam proses belajar mengajar, penguasaan materi pelajaran dan cara menyampaikannya merupakan syarat yang sangat essensial. Oleh karena itu proses mengajar belajar harus diupayakan sebaik mungkin dan perlu mendapat perhatian yang serius.  Guru juga harus mampu merencanakan pembelajaran, memilih model pembelajaran yang tepat, melaksanakan proses dan melakukan penilaian. Guru juga perlu mengerti bagaimana seharusnya melakukan refleksi pembelajaran sehingga guru dapat melakukan perbaikan terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan.

Namun kenyataannya masih banyak guru yang masih menggunakan cara lama dan kuno yaitu hanya dengan ceramah di depan kelas tanpa melibatkan siswanya.  Guru masih enggan menggunakan model pembelajaran yang baru dan lebih atraktif.

Mata pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sangat penting. Tidak dipungkiri lagi bahwa matematika memiliki peranan yang penting bagi kehidupan. Banyak yang telah disumbangkan matematika dalam peradaban didunia. Kemajuan sains dan teknologi yang begitu pesat akhir akhir ini juga tidak lepas dari peranan matematika. Namun demikian kita juga tidak dapat mengingkari kenyataan bahwa sampai sekarang masih banyak orang yang mengalami kesulitan mempelajari matematika. Bahkan tidak jarang matematika dianggap sebagai momok atau hantu yang menakutkan sehingga sebisa mungkin dihindari oleh sebagian besar siswa. Akibatnya ketika mendengar kata matematika yang muncul adalah kata sulit.

Untuk itu diperlukan suatu upaya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran salah satunya adalah dengan memilih strategi atau cara dalam menyampaikan materi pelajaran agar diperoleh peningkatan pemahaman materi siswa  matematika. Salah satunya adalah dengan mcmbimbing siswa untuk bersama-sama terlibat aktif dalam proses pembelajaran, dan diharapkan partisipasi siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar akan semakin meningkat dan penguasaan materi siswa juga semakin meningkat.

Pembelajaran penemuan (Discovery Learning) adalah pembelajaran untuk  menemukan konsep, makna, dan hubungan kausal melalui pengorganisasian pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik. Tiga ciri utama belajar menemukan yaitu: (1) mengeksplorasi dan memecahkan masalah untuk menciptakan, menggabungkan dan menggeneralisasi pengetahuan; (2) berpusat pada peserta didik; (3) kegiatan untuk menggabungkan pengetahuan baru dan pengetahuan yang sudah ada.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas,  sebagai Guru matematika saya  melaksanakan pembelajaran penemuan dalam upaya meningkatkan penguasaan konsep khususnya materi grafik fungsi kuadrat Materi tentang pengaruh koefisien terhadap grafik fungsi kuadrat sangat relevan disampaikan melalui kegiatan pembelajaran penemuan (Discovery Learning) sehingga sangat diharapkan dengan bimbingan guru siswa mampu menemukan hubungan koefisien dengan grafiknya dan mengaplikasikannya ke dalam persoalan sehari-hari.

Rumah belajar memiliki fitur laboratorium maya yang akan memudahkan guru dan peserta didik untuk belajar menemukan hubungan antara koefisien dan grafik fungsi kuadrat. dengan cara ini, siswa menjadi lebih bersemangat dan penguasaan konsep dapat dicapai.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: