Pengambilan Keputusan yang Bertanggungjawab

Dari pengalaman kita bekerja pada institusi pendidikan, kita telah mengetahui bahwa dilema etika adalah hal berat dalam pengambilan keputusan. Ketika kita menghadapi situasi dilema etika, akan ada nilai-nilai kebajikan mendasari yang bertentangan seperti cinta dan kasih sayang, kebenaran, keadilan, kebebasan, persatuan, toleransi, tanggung jawab dan penghargaan akan hidup. Secara umum ada pola, model, atau paradigma yang terjadi pada situasi dilema etika yaitu :

  1. Individu lawan masyarakat (individual vs community)
  2. Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy)
  3. Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty)
  4. Jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term)

Etika tentunya bersifat relatif dan bergantung pada kondisi dan situasi. Tidak ada aturan baku yang berlaku. Tentunya ada prinsip-prinsip yang lain, namun kita paling sering mengenal dan menggunakan ketiga prinsip di sini. Dalam seminar-seminar, ketiga prinsip ini yang seringkali membantu  dalam menghadapi pilihan-pilihan yang penuh tantangan, yang harus dihadapi pada dunia saat ini. Ketiga prinsip tersebut adalah:

  1. Berpikir Berbasis Hasil Akhir (Ends-Based Thinking)
  2. Berpikir Berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking)
  3. Berpikir Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking)

Untuk memandu kita dalam mengambil keputusan dan menguji keputusan dalam situasi dilema etika ataupun bujukan moral yang membingungkan, ada 9 langkah yang dapat kita lakukan.

  1. Mengenali nilai-nilai yang saling bertentangan
  2. Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini.
  3. Kumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi ini.
  4. Pengujian benar atau salah
  5. Pengujian Paradigma Benar lawan Benar.
  6. Melakukan Prinsip Resolusi Dari 3 prinsip penyelesaian dilema,
  7. Investigasi Opsi Trilema Dalam mengambil keputusan,
  8. Buat Keputusan
  9. Lihat lagi Keputusan dan Refleksikan

Kesemua materi di atas saya dapatkan di Pendidikan guru penggerak. Ilmu yang didapat tidak akan bermanfaat jika tidak dibagikan kepada rekan lain. Belajar dan berbagi sudah menjadi semboyan saya. Jadi saya membagikan ilmu yang saya dapat pada modul 3.1 yaitu pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Saya membagikan ilmu ini kepada rekan guru dalam kegiatan IHT yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tidore Kepulauan. In House Training ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tidore Kepulauan. Ada beberapa materi yang saya bagikan antara lain pembelajaran berdiferensiasi, pemelajaran sosial emosional dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

Selain berbagi dalam kegiatan In House Training, saya melakukan banyak konsultasi dan kolaborasi dengan rekan sejawat mengenai segala hal termasuk pengambilan keputusan yang bertanggungjawab ini. Konsultasi saya lakukan dengan pengajar praktik dan kepala sekolah.

Agar materi ini lebih dikenal luas, saya juga mengupload video narasi saya yang menjelaskan tentang 4 paradigma, 3 Prinsip, dan 9 langkah pengambilan keputusan di chanel youtube saya dengan link https://youtu.be/SiACBTpsNCA

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: