PEMBUKAAN SIMULASI PEMBELAJARAN BERDASAR STANDAR PISA TERNATE

Pada kesempatan ini saya mengikuti pelatihan dari Pusat Assesment dan Pembelajaran. Kegiatan ini adalah Simulasi Pembelajaran Berdasar Standar PISA. Kami melaksanakan kegiatan di Hotel Muara Tenate. Kami memulai kegiatan pada hari Kamis tanggal 22 Oktober 2020.

Pembukaan dimulai dengan arahan Ibu Rahmawati dari Pusmenjar. Beliau mengucapkan terimakasih kepada peserta yang sudah dating dalam acara kegiatan ini. Ibu Rahmawati juga mengingatkan tentang pentingnya protocol kesehatan selama mengikuti kegiatan ini. Protokol kesehatan yang harus dipatuhi adalah 3 M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Pusmenjar melaksanakan kegiatan Simulasi Pembelajaran Berdasar Standar PISA di 16 Region dari 14 Provinsi. Pelaksanaan kegiatan ini mengacu pada realita bahwa selama masa pandemic covid 19 ini banyak guru yang menemui kesulitan dan kendala untuk melakukan assessment. Kemendikbud berencana untuk merubah Ujian Nasional menjadi Assesment Nasional. Pada umumnya perubahan dimulai dari perubahan kurikulum, kemudian buku, kemudian pembelajaran, baru perubahan Assesment. Tapi saat ini alurnya dibalik. Dari melihat hasil assessment maka akan ditentukan bagaimana melakukan pembelajaran setelah menganalisis hasil assessment.

Arahan berikutnya dari Kepala bidang SMK dinas Pendidikan provinsi Maluku Utara. Beliau menyampaikan terimakasib kepada pusmenjar, telah melakukan kegiatan ini di provinsi Maluku Utara. Beliau menjelaskan bahwa hambatan dan tantangan dalam menghadapi perubahan assessment di Maluku Utara berbeda jauh dengan di pulau Jawa. Pembelajaran Jarak jauh di Maluku Utara kurang efektif. Beliau berharap melalui kegiatan ini para panitia dan narasumber bisa memberikan solusi dalam assessment sehingga diharapkan kualitas Pendidikan Maluku Utara dapat meningkat.

Pusmenjar melaksanakan kegiatan Simulasi Pembelajaran Berdasar Standar PISA dalam 3 hari. Ada 5 Kabupaten/kota yang mengikuti kegiatan ini. Panitia membagi peserta menjadi 4 kelas yaitu kelas Matematika A dan B dan kelas Bahasa Indonesia A dan B.

diskusi diskusi diskusi diskusi PISA

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: