TOT PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Media Pembelajarn Interktif

Media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.

Pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem. Media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran.Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran.

Beberapa tujuan menggunakan media pembelajaran diantaranya yaitu :

  1. Mempermudah proses belajar-mengajar
  2. Meningkatkan efisiensi belajar-mengajar
  3. Menjaga relevansi dengan tujuan belajar
  4. Membantu konsentrasi peserta didik

Perubahan jaman dan teknologi membuat perubahan dan peningkatan besar dalam pembuatan media pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran memungkinkan terciptanya media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.

TOT Media Pembelajaran Interaktif

Sebagai rangkaian acara peringatan HUT PGRI dan hari guru nasional, pengurus besar PGRI mengadakan TOT (Training of Trainers) pembuatan media pembelajaran interaktif.  70 guru mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK mengikuti TOT ini pada tanggal 24-26 November 2020 secara luring dan daring. Sebelum TOT, ketua PGRI memberikan arahan dan motivasi kepada peserta TOT agar terus memanfaatkan teknologi dalam pembelajarannya. Merurut beliau guru menguasai teknologi adalah wajib hukumnya.

ketua pgri tikep harun hadjipengurus besar PGRI Tidore Kepulauan

Materi pada TOT ini antara lain :

  1. Membuat media pembelajaran dengan powerpoint yang diintegrasikan ISpring
  2. Membuat media pembelajaran dengan SmartApp Creator
  3. Mengubah media pembelajaran ke dalam aplikasi android

Pemateri TOT

Saya adalah salah satu pemateri dalam TOT ini. Para sahabat rumah belajar Maluku Utara tahun 2020 mendampingi saya dalam memberikan pelatihan. Para guru hebat itu adalah :

  1. Muhammad Arfan guru di SMKN 4 Tidore Kepulauan
  2. Gani Umar guru di SMPN 1 Tidore Kepulauan
  3. Fatkurohman guru di SMAN 1 Tidore Kepulauan

pemateri TOT

Antusiasme Peserta

Peserta TOT sangat antusias mengikuti pelatihan. Dalam pelatihan ini tugas peserta adalah membuat media pembelajaran interaktif dengan powerpoint maupun SAC. Media pembelajaran yang sudah ada akan masuk kedalam web Tidore Cerdas dan mengimbaskan materi ke teman sejawat.

  

4 thoughts on “TOT PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

  • November 26, 2020 pada 7:12 pm
    Permalink

    Luar biasa trainer hebat, membimbing dan melatih guru hebat untuk menjadi garda terdepan pendidikan Indonesia menuju generasi emas.👍💪👏

    Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: