WEBINAR TRANSFORMASI DIGITAL MENUJU TIDORE CERDAS 2025

Dalam memperingati hari ulang tahun PGRI dan hari guru Nasional, Pengurus besar PGRI Kota Tidore Kepulauan mengadakah serangkaian acara. Acara yang pertama adalah webinar dengan tema “Transformasi Digital dalam Pembelajaran untuk Mewujudkan Tidore Cerdas 2025. Webinar ini sekaligus merupakan pembukaan rangkaian acara. Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan Bapak Ismail Dukomalamo memberikan arahan sekaligus membuka rangkaian acara. Dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa perlu adanya perubahan mind set dan pola pikir guru-guru untuk melakukan transformasi digital dalam pembelajaran agar Tidore Cerdas cepat terwujud.

Ismail dukomalamo
kepala dinas pendidikan tidore kepulauan

Ketua pengurus besar PGRI Bapak Harun Haji memberikan arahan dan motivasi kepada guru-guru kota Tidore Kepulauan untuk terus bersemangat dan belajar menggunakan teknologi dalam pembelajarannya. Beliau menyampaikan bahwa guru mengenal teknologi hukumnya adalah wajib.

Ibu Iriany Hasan (Duta Rumah Belajar Provinsi Maluku Utara Tahun 2018) memberikan materi pertamanya dengan judul digitalisasi sekolah dalam pembelajaran jarak jauh. Dalam materi  beliau memaparkan kendala  dalam proses pembelajaran jarak jauh dan digitalisasi sekolah. Bagaimana mengadakan pembelajaran jarak jauh dengan tetap mengedepankan merdeka belajar juga menjadi inti pokok materinya.

iriany hasan

Dalam acara webinar ini turut hadir pula Bapak Muhammad Jarnawi. Beliau adalah duta rumah belajar terbaik tahun 2019. Beliau saat ini mengajar di SMP Negeri 1 Kaur Bengkulu. Selain sebagai duta rumah belajar, beliau juga salah seorang MIEE (Microsoft Inovative Educator Expert). Dalam kesempatan ini beliau memberikan materi dengan judul Transformasi Pendidikan di Era Digital. Dalam materinya beliau menyampaikan pentingnya kolaborasi dari semua pihak terkait. Bukan hanya dinas pendidikan saja akan tetapi perlu peran dari guru dan pihak lainnya. Beliau juga mengatakan bahwa perubahan mindset sangatlah penting.

jarnawi

Materi berikutnya adalah sejarah transformasi digital oleh Bapak H Ahmad Nurul Hasan. Dalam paparannya beliau menyampaikan alur perubahan jaman dan era revolusi industri. Sesuai dengan perkembangan jaman maka model pembelajaran dan metode pembelajaran juga mengalami banyak perubahan. Beliau juga membahas tentang model pembelajaran inovatif. Di akhir materinya beliau menyampaikan puisi yang sangat menyentuh hati.

Sebagai penutup webinar adalam pemaparan best practise implementasi rumah belajar dalam pembelajaran oleh sahabat rumah belajar Maluku Utara tahun 2020 Bapak Fatkurohman.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: